Sering ngantuk, cepat lelah ketika membaca Al Quran? ini penyebabnya

Ane sering ngalamin, mungkin lo juga sama kayak gue.. sukanya cepet-cepet selesai baca al Qur’an nya. Anehnya setelah selesai membaca Al Qur’an ngantuknya ilang, capeknya kabur.. Kenapa ya? Tulisan ini gue ambil dari situs sprit kehidupan punya abang Herman Budianto – spiritkehidupan.com- baca sampai tuntas ya..
Ternyata hal ini sudah pernah dibahas pada jaman sahabat dahulu.. Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu berkata:
” لو طهرت قلوبكم , ماشبِعَتْ من كلام ربكم “
“Sekiranya hatimu bersih, Anda tak akan merasa puas dari firman Tuhanmu”
Ketika cepat ngantuk, cepat lelah maka hati kita masih banyak penyakit hati, yaitu dosa-dosa dari kemaksiatan yang kita lakukan. Rasa lelah, ngantuk, bosan dll adalah proses pembersihan hati untuk menjadi bersih, untuk itu teruslah melawan rasa itu.
Agar berkurang rasa kantuk adalah dengan wudhu, menggerakan badan dengan senam ringan, berpindah posisi duduk sehingga kita terus merasa nyaman dalam berinteraksi dengan Al Quran yang merupakan perkataan dari Allah, dzat yang menciptakan, memberikan nikmat kepada kita semua.
Allah memuliakan orang yang selalu dekat dengan Al Quran.
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari)
“Sesunggunya Allah swt mengangkat derajat beberapa golongan manusia dengan kalam ini dan merendahkan derajat golongan lainnya.” (Riwayat Bukhari & Muslim)
“Bacalah Al-Qur’an karena dia akan datang pada hari Kiamat sebagai juru syafaat bagi pembacanya.” (HR Muslim)
Semoga Allah menjaga kita untuk selalu dekat dengan al Quran, membersihkan hati kita sehingga semakin bersih akan semakin nikmat ibadah kita dan insya Allah kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin

Leave a Reply