Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan untuk memasuki 10 hari terakhir Ramadhan 1438 H. Karena banyak sekali orang-orang yang meninggal sebelum bulan suci ini tiba, termasuk 2 orang ustadz saya yang tidak bisa sampai ke bulan suci ramadhan tahun ini.

Bagi anda yang sudah sampai di bulan suci ini, mungkin perlu menilai bagaimana kualitas ibadah kita selama bulan ramadhan ini. Apakah ada peningkatan atau malah biasa-biasa saja. Sebab banyak ‘Ulama yang mengatakan bahwa ramadhan adalah bulan penempaan diri dan jiwa. Menjadikan diri kita lebih baik dari tahun sebelumnya. Membiasakan diri dengan ibadah yang harapannya dapat terus dipertahankan selepas ramadhan.

Paling tidak ada beberapa ibadah sunnah yang harus kita tingkatkan dan jaga memasuki 10 hari terakhir ramadhan 1438 ini, serta persiapan memasuki bulan syawal 1438 H.

  1. Sholat sunnah malam (tahajjud). Selama bulan ramadhan sholat tahajjud ini digantikan dengan sholat tarawih, dengan jumlah raka’at 20 atau 8 dilanjutkan dengan sholat witir 3 raka’at. Sholat sunnah ini merupakan “latihan” agar setelahnya kita dapat membiasakan diri melakukan sholat tahajjud diluar bulan ramadhan.
  2. Membaca al Qur’an, setidaknya sehari semalang (24 jam) kita siapkan waktu kita selama 60 menit untuk membaca al Qur’an. Agar tidak terasa lama, maka waktu 60 menit ini bisa kita pecah menjadi 5 waktu, sehingga cukup setelah sholat wajib kita gunakan 12 menit waktu kita untuk membaca al Qur’an.
  3. Sedekah rutin walau nilainya kecil. Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa, andaikan mayit diberi kesempatan untuk hidup kembali ke dunia, maka ia akan memilih untuk melakukan sedekah. Hal ini menurut para ulama, disebabkan oleh besarnya pahala sedekah disisi Allah Azza Wa Jalla. Bentuk sedekah bisa untuk membantu sanak saudara (family terdekat), selanjutnya anak-anak yatim, dan orang-orang yang kesusahan. Jika anda ingin mendapatkan pahala yang terus mengalir walau sudah tiada, wakaf adalah jawabannya.

Ketiga hal inilah yang bisa kita jaga dan pertahankan untuk terus bisa kita lakukan setelah selesai bulan suci ramadhan dan kita berharap kebiasaan ibadah ini akan meningkat saat kita bertemu lagi dengan bulan ramadhan 1439 H tahun depan. Aamiin.

Mengoptimalkan sisa waktu ramadhan 1438 H

10 hari terakhir Ramadhan

Tulisan ini dibuat pada malam ke-23 Ramadhan 1438 H yang menurut para ‘Ulama adalah malam Lailatul Qadr, berdasarkan kebiasaan pada bulan-bulan ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Namun, tanggal 23 ramadhan tahun 1438 H ini belum tentu juga turunnya lailatul qadr, karena semua itu adalah kewenangan Allah Azza Wa Jalla.

Disisa 10 hari terakhir ramadhan tahun ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meraih pahala dengan optimal. Kalau di awal bulan suci ini ibadah kita biasa-biasa saja, maka perbaikilah di akhir waktu ramadhan ini. Sebab penilaian ibadah kita lebih banyak akan dilihat dari amal kita yang ada di waktu terakhir ramadhan. Jika kita belum menghatamkan bacaan Al Qur’an, maka ayo kita atur waktu dengan baik agar dapat mengatamkan 30 juz minimal sekali dalam bulan suci ini, kalau belum sempat berumrah di bulan suci ini, maka kita persembahkan harta kita untuk sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

  1. Atur waktu dengan baik sehingga kita bisa menghatamkan 30 juz disisa akhir waktu ramadhan. Pengalaman penulis untuk membaca 3 lembar Al Qur’an dibutuhkan waktu 15 menit, sedangkan 1 juz biasanya 10 lembar, sehingga diperlukan waktu 60 menit untuk membaca 1 juz Al Qur’an. Sehingga untuk membaca 30 juz dibutuhkan waktu 30 jam untuk membaca 30 juz Al Qur’an. Silahkan diatur waktunya agar bisa khatam sampai 30 juz disisa waktu yang ada ini.
  2. Jika kita berkewajiban untuk membayar zakat maal, segera lakukan perhitungan dan salurkan kepada 8 asnaf sesuai dengan ketentuan yang Allah Azza Wa Jalla tentukan. Namun, jika anda tidak berkewajiban mengeluarkan zakat maal, maka lakukan sedekah kepada sanak family, anak yatim serta orang-orang yang mengalami kesulitan dalah hidup. Namun, jika anda belum pernah berwakaf, maka cobalah tengok penjelasan tentang keutamaan wakaf berikut ini.
  3. Giatkan sholat tarawih dan sempurnakan dengan sholat dhuha, hal ini bisa dilakukan secara berbarengan dengan melakukan i’tikaf di masjid-masjid yang mengadakan program i’tikaf. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau anda bisa mengkhatamkan Al Qur’an dalam kegiatan i’tikaf ini.

Inilah 3 hal yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan sisa waktu kita memasuki 10 hari terakhir ramadhan ramadhan tahun ini. Semoga Allah memudahkan langkah kita dalam beribadah dan meraih kesempurnaan amal untuk meraih ridho-Nya. Semoga tahun depan kita masih dapat dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan 1439 H, dengan kondisi yang lebih baik dan semangat ibadah yang lebih baik dari tahun ini. Insya Allah, Aamiin.

 

Depok, Malam 23 Ramadhan 1438 H

Darminto